HarianGunungkidul.com

Berita Online Gunungkidul Terbaru

Pemkab Mengalokasikan Anggaran Rp1 Miliar untuk Penanganan Dampak Bencana Savannah

TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto
Bangunan Kelompok Masyarakat Pengawas yang hampir roboh di pantai Ngrenehan akibat terjangan banjir, (18/3/2019).

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengalokasikan anggaran Rp1 miliar untuk penanganan badai Savannah yang terjadi bulan lalu.

Anggaran tersebut dialokasikan dari pengeluaran tak terduga anggaran daerah 2019.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Gunungkidul, Saptoyo, mengatakan bahwa alokasi anggaran untuk manajemen bencana untuk Badai Savannah diambil dari dana pengeluaran yang tidak terduga karena anggaran untuk BPBD terbatas.

“Total anggaran yang telah disiapkan ada Rp 3 milliar dan dapat digunakan pada saat kejadian darurat. Tetapi setelah melakukan kajian dan perhitungan yang dilakukan tim, tidak semua anggaran belanja tak terduga digunakan karena hanya diambil sebesar Rp1.055.800.000,” tuturnya.

Dia mengatakan bahwa untuk mengakses dana tak terduga harus dalam keadaan tertentu, oleh karena itu BPBD segera menetapkan status tanggap darurat sehingga dana tak terduga dapat dicairkan.

“Untuk proses teknisnya kami serahkan kepada BPBD yang menangani masalah kebencanaan,” ucapnya.

Secara terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan bahwa pihaknya telah menyerahkan alokasi pengeluaran yang tidak terduga kepada pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

“Sudah disiapkan dan dalam proses alokasi sebesar Rp1.055.800.000. Dana tersebut digunakan untuk berbagai perbaikan seperti perbaikan talud, membuka akses jalan, normalisasi kawasan pantai yang terdampak banjir hingga pembiayaan sewa alat berat,” ucapnya.

sumber : tribunjogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *