HarianGunungkidul.com

Berita Online Gunungkidul Terbaru

Bakar Surat Suara di Halaman KPU Dengan di Saksikan Warga

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul membakar sisa pesan suara yang tidak digunakan. Pembakaran itu dilakukan di halaman KPU Gunungkidul, Selasa (16/7/2019) yang juga disaksikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul.

Rincian surat suara dibakar sebagai berikut surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden berjumlah 403 lembar, surat suara DPR RI berjumlah 1.137, surat suara DPD bernomor 175, surat suara DPRD provinsi berjumlah 3.259, surat bunuh diri DPRD Kabupaten berjumlah 764 lembar, dan sampul 327 surat suara.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan jumlah sisa surat suara yang dibakar adalah 5.738. Surat suara yang dibakar adalah surat suara yang rusak dan sisa surat suara tambahan dari KPU RI.

“Surat suara pengganti yang kami terima Minggu (14/4/2019) lalu ada lebihnya jadi harus dibakar atau ada kesalahan saat proses packing,” ujarnya, Selasa (16/4/2019). 


Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pembakaran surat suara sesuai dengan Surat KPU Republik Indonesia Nomor 667 / PP.10.5-SD / 07 / KPU / IV / 2019 tentang penghancuran logistik pemilu 2019. “Itu yang perlu dihindari,” kata dia. 

Komisaris Bawaslu Gunungkidul, Rosita, mengatakan pembongkaran surat suara dilakukan serentak pada hari pertama pemilihan. “Jadi tidak hanya di Kabupaten Gunungkidul,” kata Rosita.

sumber : harianjogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *