Dinas Pertanahan Kenalkan Si Petarung

logo aplikasi si petarung

Untuk menyederhanakan pengumpulan data tanah milik Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Departemen Pertanahan dan Penataan Ruang (Dispertaru) Gunungkidul mensosialisasikan aplikasi baru yang disebut Sistem Informasi Inventarisasi Tanah Pemerintah di Dispertaru (Si Petarung).

Kepala Seksi Inventarisasi dan Identifikasi Tanah (Kasi), Yulianto Anang Subangun, mengatakan peluncuran aplikasi Petarung didasarkan pada kurangnya pengelolaan data lahan yang optimal dan kurangnya administrasi pertanahan yang tertib.

“Tujuannya untuk mempermudah inventarisasi tanah dan menyamakan persepsi tentang tertib administrasi,” ujarnya seperti di kutip dari harian jogja, belum lama ini.

Yulianto menjelaskan bahwa manfaat aplikasi Si Petarung adalah memperbarui data terkait data tanah. Ke depan, data dapat diintegrasikan dengan data sistem informasi luas lainnya.

“Kami berharap tidak hanya data inventarisasi tanah milik Pemkab saja yang terintegrasi tetapi juga data tanah terpadu,” kata dia.

Organisasi Perangkat daerah (OPD) yang terlibat dalam aplikasi ini meliputi Kantor Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Sekretariat Daerah, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Bappeda, dan BKAD Gunungkidul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *