HarianGunungkidul.com

Berita Online Gunungkidul Terbaru

Kerjasama ACT dan Pemkab Gunungkidul Dalam Mengatasi Darurat Air Bersih

Pengiriman air bersih untuk kawasan terdampak kekeringan Gunungkidul yang di lakukan sejak bulan juni ini di lakukan oleh lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan BPBD Gunungkidul.

Acara pelepasan 12 tangki air dengan total 60.000 air ini di hadiri juga Bupati Gunungkidul Hj.Badingah dan mitra donatur yang tergabung dalam Humanity Mobile Water Tank, seperti Universitas Islam Indonesia (UII), Lazis Perkasa dan kitabisacom.

Badingah menuturkan bahwa untuk saat ini ada total 14 kecamatan dan sekitar 134ribu jiwa yang terdampak kekeringan. Sudah di lakukan juga optimalisasi PDAM akan tetapi masihvkurang naksimal karena kondisi Geografis di Gunungkidul yang tidak memungkinkan.

Menurut Bagus Suryanto selaku kepala ACT DIY, pendestribusian air secara berkala ini menjadi solusi jangka pendek bagi yang yang terdampak darurat air bersih.

Selain kegiatan ini ACT melalui Global Wakaf juga membangun sumur wakaf yang di mungkinkan bisa mengatasi kekeringan di Gunungkidul setiap tahunnya.

Sampai sekarang sumur yang berhasil di bangun sudah 18 titik dan akan terus bertambah karena rencana kedepan ACT akan membangun 2 sumur setiap bulannya dengan kedalaman setiap sumur antara 50 sampai 100 meter dengan memakan biaya Rp.50 juta per sumur besera instalasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *