HarianGunungkidul.com

Berita Online Gunungkidul Terbaru

Pemkab Siapkan 10jt Liter Air Bersih Untuk Wilayah Kekeringan

Gambar by: batamnews

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Yogyakarta, akan mulai mendistribusikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang wilayahnya mengalami kekeringan pada akhir Mei 2019.

Saat ini sejumlah kecamatan di pantai selatan sudah mulai terkena dampak kekeringan.

Demikian disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki saat ditemui usai rapat koordinasi dengan kecamatan, seperti di lansir kompascom Jumat (17/5/2019).

“Kemungkinan kita menyalurkan bantuan dropping air bersih kepada masyarakat akhir bulan nanti,” kata Edy. 

Dia menjelaskan, BPBD menyiapkan 2.000 tangki untuk didistribusikan menggunakan 7 tangki. Jika satu tangki 5.000 liter, diperkirakan 10 juta liter air bersih akan didistribusikan tahun ini.

Untuk penyaluran bantuan, itu akan sesuai dengan permintaan yang diajukan oleh masing-masing desa. “Untuk saat ini ada desa di wilayah Panggang dan Purwosari yang telah mengajukan bantuan air bersih ke Kecamatan,” katanya.

“Di beberapa titik ada juga warga yang membeli dari tangki pribadi seharga ratusan ribu (per tangki),” katanya.

Dari hasil koordinasi dengan kecamatan, untuk bulan ini, siap menyalurkan kecamatan Rongkop.

Untuk bulan berikutnya Girisubo, Paliyan, Panggang Tepus, dan Ponjong sudah akan mengantar air. “Juli (di) Gedangsari dan Patuk,” katanya.

Disebutkan soal panjangnya kekeringan, pihaknya belum berkoordinasi dengan BMKG. Jika nanti sudah berkoordinasi, langkah selanjutnya akan diambil.

Bukan solusi jangka panjang

Anggota DPRD Gunungkidul Ery Agustin S berharap pemerintah akan memberikan solusi jangka panjang terkait masalah air bersih.

Sebab, menjatuhkan air bersih bukan solusi jangka panjang karena hanya sementara dan tidak akan menyelesaikan masalah karena krisis air terus terjadi selama musim kemarau.

“Potensi sumber air bawah tanah yang melimpah dapat dimaksimalkan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *